Jumat, 27 Mei 2016

BEAUTY TALK 1 : Waspada Fenomena Make Up Palsu


Dari judulnya aja ketauan kita bakal bahas apa kali ini di blogku hehe. Hello dear ketemu aku lagi, uwi, diblog randomku (yang sekarang beralih guna menjadi beauty blogger lol). Kali ini post yang ku publish bukan tentang handcraft ataupun tutorial, kali ini kita bakalan curhat dan ngobrol santai seputar make up dan sejenisnya, oleh karena itu aku beri label untuk rubrik ini (tjiah kaya majalah aja rubrik wiiiii wkwk) adalah "BEAUTY TALK" dan karena this is the first time we discuss about this, aku tambah deh 1 di depannya ala - ala episode sinetron gitu. Yah semoga kedepannya kita bisa mendiskusikan banyak hal yang lebih positif dan informatif. Aamiin \(*o*)/
**Oiya perlu dicatat tulisan ini bukan untuk menjatuhkan pihak tertentu, tulisan ini dibuat sebagai informasi bagi wanita - wanita diluar sana agar lebih berhati hati dalam memilih dan membeli suatu produk terutama make up karena maraknya pemalsuan brand brand ternama oleh pihak - pihak luar yang tidak bertanggung jawab**

Fenomena, mungkin aku agak lebay ya, taukan fenomena itu biasanya tulisan buat di blog - blog misteri. Kaya fenomena pesawat ufo dilangit bla bla haha, tapi serius dulu itu aku pembaca setianya blog bang enigma (clickhereifyoucurious), aku suka banget artikel soal konspirasi sama misteri misteri masa lalu yang belum terpecahkan gitu deh, berasa jadi detektif dan penjelasan bang enigma  tuh detil bangetttttttt bangettttt dan tulisanku ini menjadi OOT bangettttttt!!!! 
Balik ke masalah fenomena make up palsu, topik ini tuh udah dibahas dari laamaaaa banget pas aku blogwalking di google buat reverensi, dan seperti gak pernah ada habisnya, karena malah makin kesini jenis make up palsu tersebut semakin beragam, semakin banyak, dan semakin mirip dengan brand yang mereka palsukan. Tanya kenapa ? Aku yakin peran konsumen disini erat banget hubungannya, karena masih begitu banyak konsumen awam ( ada yang sebenernya tau tapi nekat beli) aka ciwi ciwi yang membeli dan memakai produk produk ini sehingga proses produksi terus menerus "masih" berjalan, sehingga make up palsu ini seperti never endingnya. Jadi balik lagi kediri masing - masing sih ladies, kalian mau yang terbaik untuk diri kalian sendiri atau malah sebaliknya. That's your choice. 

 Tapi wi, gimana cara kita bisa bedain make up palsu dan asli ? Okay girls, lets talk about this deeper.
Sebelum masuk kepoinnya aku mau kasih tau kekalian bedanya DUPE dan KW/REPLIKA. Jadi ya kalau DUPE itu adalah dua produk yang berbeda brand, namun 90-95% memiliki kandungan atau kualitas yang sama. Contohnya kaya pomade brownya anastasia beverly hills yang harganya bikin elus dada anak kos, nah biar anak kos bisa merasakan pomade brow yang kualitasnya gak beda jauh dari si anastasia ini, maka tengoklah brand pomade brownya milani, harganya masih bisa dijangkau kita - kita anak kos (curhat banget) jadi Milani pomade brow ini DUPE nya anastasia pomade brow, keduanya sama - sama ORIGINAL ASLI, nah sedangkan kalau KW/REPLIKA, mau itu bilangnya Replika Super, Replika Singapure, Replika German, Replika Import dll tetep aja yang namanya KW/REPLIKA itu PALSU mpokkk, kita gak tau siapa yang membuatnya, dengan bahan apa, kapan expired-nya dan siapa pihak yang beratanggung jawab jika terjadi sesuatu, yaps karena produk KW/REPLIKA make up ini cuma nebeng nama sama produk yang sedang booming boomingnya agar memperoleh keuntungan yang sebesar - besarnya, duhhh tega banget yaaaa (ToT)   

1. Sebelum membeli suatu produk, apalagi kalau produk itu yang high end alias mahal boo, jangan segan - segan untuk browsing ke website official mereka untuk pantau harga dan ciri - ciri unik dari brand mereka. 
Source
  Seperti kalian liat di gambar atas ini, iya NAKED dari Urban Decay adalah eyeshadow apik tenan (loh jadi jawaan wi) yang pasti kalian semua udah pada tahu, dan karena ke-apik-annya itu banyak oknum nakal yang tidak bertanggung jawab membuat palsuannya. Oiya, kalau kalian do check ke website resminya urban decay, mereka baru release NAKED 1-3 loh, belom ke 4 apalagi 5, palette NAKED palsu ini sering banget aku liat di stand stand kecil yang nyebar ditengah mall, sama di online online shop, yang kadang onlineshopnya ada yang ngaku kalo itu KW tapi ada juga yang menipu dengan bilang itu ORI hanya dengan menaikan harganya agar beda beda dikit lah ama yang aslinya, hayolohh kalo kalian mau tau bedanya NAKED asli atau PALSU missbunnybeauty udah pernah bahas di blognya click here if you're curious  

2. Harga yang terlampau sangat amat super duper miring sekali
Source : Tokopedia
 
Source
 

Pernah gak kalian pas mau belanja online liat harga make up yang super duper sangat amat miring sekali (pliss wi). Serius deh coba pikir aja produk MAC dijual dengan harga 70rb rupiah aja ? Dengan sebanyak itu palette, dan lagi kalian tau gak sih kalau MAC itu gak pernah ngerelease eye palette kaya gitu ? MAC selalu menjual eyeshadownya per satu warna, dengan kisaran harga $25, kalaupun menjual eyeshadow palette dalam satu wadah pasti gak bakal lebih dari 4 warna, jadi kalau kalian menemukan eyeshadow palette MAC dengan berpuluh - puluh warna didalamnya itu PALSU! Dan yang bikin speechless-nya lagi, aku pernah liat 78 eye palette +lipstisk + blushon + contour dijual dengan harga 25ribu rupiah aja, iya bukan 25 dolar, tapi 25 ribu mpookkkkkkkkk, kepikiran gak sih mereka pake bahan apa buat bikin eyepalette itu kalo harga jual pas diskonnya aja 25.000 duhhhh sayangi matamu deh nak.

3. Kemasannya 11 : 12 dengan aslinya, tapi kok ada yang aneh ? Do the check ya mpookk

Source
Source : Tokopedia



















Nah, kalo ini beda kasus nih. Produk yang dijual itu PERSIS 11 : 12 sama yang ORI kemasannya. Duh jadi bingung kan, tenang mpook kalo kita teliti ngecek apa yang mau kita beli, kita pasti tahu deh itu asli atau palsu. Contoh produk yang bener - bener lagi booming naudzubillah KW nya yaitu lipstick, brand brand seperti NYX, LA Girl, Etude, bahkan REVLON dan MAYBELLINE juga ikut meramaikan. Sebetulnya miris sih, secara harga brand di atas masih terhitung affordable bagi kantong anak kos, yah seTIDAKnya tidak semahal dan se high end seperti MAC dan Urban Decay atau Anastasia Beverly Hills kan, tapi brand brand diatas ini MASIH aja ada yang buat KW alias PALSU nya *elus dada*.
Seperti lipstick dari NYX kalian bisa lihat kan bedanya, dari tinggi, diameter tabung, sampai tulisan di produknya udah ketauan deh kalau itu PALSU, teliti yah mpookkk (klik source digambar kalau mau tau lebih detail bedanya, udah di bahas sama beauty blogger lain). Nah kalo LA Girl Pigmented Gloss ini nih yang  bikin aku ketawa mpok, abis gimana gak ketawa lucu banget loh, jadi kan kita semua tahu bahwa sekarang muncul brand kiss beauty entah dari mana (there isn't any official website about the product) yang masya allah murah banget produknya, dan aku kaget ternyata bukan hanya lipstick aja yang seperti La Girl, mereka memproduksi contour yang serupa dengan NYX highlight & Contour Pro, eyepalette seperti Too Faced, mascara, eyeliner, dan liptint yang serupa menow dan etude. Dan aku cuma geleng - geleng kepala, gila gila, dan rata - rata harganya cuma dibandrol sekitar 20-40 ribuan ajah. Bahan yang dipake untuk buatnya apa sisssss??? Kebanyakan dijual lusinan loh mpookkk lipsticknya dan satuannya menjadi @8500-10000 an ajahhhh ~waw. Nah gambar diatas itu yang ada lingkaran merahnya yang bikin lucu sis, jadi gak sengaja pas lagi cari reverensi liat ada olshop nulis dicaptionnya (post gambarnya seperti diatas) "Bukan merk kiss beauty tapi asli L.a girl!!!" nah dibawahnya lagi ada tulisan "L.a girl 12 warna Replika Import yang kualitasnya gak kalah sama aslinya" dan aku ketawa dong ya apa bedanya ama yang dia tulis palsu digambar itu (~o~") tapi untungnya seller ini masih jujur dengan bilang kalau itu replika, dari pada ada seller yang jual replika alias palsu tapi ngaku ngaku ori, kan ?
Dan herannya padahal lipstick L.A. Girl itu cuma 60-70 an loh harganya bahkan kalo reseller bisa @55rb yang ASLI tapi kenapa masih aja ada yang malsuin :') 
Oiya buat yang wonder kaya apa sih L.A girl asli ama KW/Palsu. 
KW, Replika, Palsu
 Kalian liat bagian lipstick belakangnya tidak ada ingredients, alias komposisi, expired date, dan keterangan lain seperti made in, cuma da nomor dibawah kemasan 1-12 (padahal LA girl ORI ada 16 warna) dan packingnya kardus ga jelas kaya kardus permen. 
Source
Yang asli barcode menyatu dengan ingredients, terdapat informasi net/massa lipstick, waktu pemakaian setelah dibuka, shade warna (GLG843 REBEL), bisa dilihat source dari gambar untuk reviewnya. 

4. Website kosmetik palsu
Sekarang orang kalau jualan niat banget mpookkk, serius deh mereka kan jual produk palsu ya, tapi niat banget sampai membuat websitenya, dan pakai domain sendiri. Niat banget kan, jadi aku ingetin sekali lagi tolong teliti sebelum membeli. Kaya kejelasan nama websitenya, brand brand luar seperti MAC, Urban Decay, dll pasti memakai nama yang wajar pada website mereka, tidak menggabungkan nama aneh lain. Official Website ->  http://www.maccosmetics.com/ http://www.urbandecay.com/ dll 

5. Lihat Rating, penjelasan, testimoni dan diskusi dari onlineshop yang menjual produk yang kamu mau
Kalo aku pasti lihat diskusinya, pasti sering ada yang nanya sis ori ? sis ori ? sis ori ? nah disini kejujuran si penjual dipertaruhkan (tjieeeee) tapi ada juga penjual yang langsung terang terangan nulis di description box kalo produk yang dia jual KW, REPLIKA, itu penjual yang jujur, goood (y). Trus aku juga sering liat toko si penual, menjual apa aja, kalo salah satu atau salah dua atau salah tiga (salah ABANG, adek selalu benar!) hushhh, kalau ada beberapa produk ada yang replika, tapi dia juga jual yang ORI, kalau aku sih mending cari online shop lain, dari pada suudzon ama orangnya pas kita beli, jadi mending cari online shop yang menjual 100% produk produk ORIGINAL ASLI. Biasakan melihat review produk sebelum membeli, ini membantu kamu untuk lebih mengetahui keaslian produk yang kamu beli, mulai dari packaging sampai tekstur dalam kamu bisa membedakannya kalau ternyata produk punyamu tidak sesuai. Sekarang banyak review bertebaran dimana - mana di google.

Masih banyak brand lainnya seperti Benefit, Etude, Lancome, dll loh yang dipalsuin, please beware girls! Dannnn kita nyaris berada di ujung rubrik ngobrol kita ini yeayyyy \(*o*)/ Jadi aku mau curhat dikit nih, dulu pas SMA aku udah mulai tertarik make up banget, aku yang masih awam mulai getol ngumpulin make up - make up gitu deh, pas maybelline di matahari lagi diskon aku beli bb creamnya sama mascaranya dan aku suka, trus aku ketagihan ngelengkapin koleksi aku dengan merk beda. Aku akhirnya kepasar semi modern dideket sekolah, dan you know aku beli blush on 2 warnanya MAC super KW (yang pada saat itu aku ngiranya asli lol) ketauan betapa begonya aku dulu (TvT) dan setelah pake aku langsung jerawatan parah naudzubillah sampai kaya cacar air (TvT)/ sampai kalau kesekolah aku disangka cacar dan aku harus nutup muka aku pake kerudung karena malu (padahal aku pake blush onnya cuma buat praktek praktek make up gitu bukan daily), akhirnya aku memutuskan gak akan pake blush on-nya lagi (dengan posisi aku masih gak tau kalo itu palsu), oiya waktu itu harganya 20rb aja :') trus entah gak kapok atau begonya keterusan, aku mulai masuk ranah onlineshop instagram, dan dengan polosnya aku beli banyak banget produk dan itu semua PALSU (Sudah cukup kosmetik eneng aja yang PALSU CINTA ABANG JANGAN!) LOL serius deh, aku beli eyeshadow palette dior 80rb, serum korea 15rb, sama pomegranat 40rb udah dapet gede banget, kalo diinget lagi sekarang malu banget lah, ketawa sendiri kok bisa sepolos itu beuhhhhh, dan semua produk itu udah aku buang :') pikirin aja dari pada 80rb untuk beli dior eyepalette palsu mending 80rb itu aku beliin eyepalletenya wet n wild yang kecil tapi ORI, duh dekkkkkkkkkk!

Oiya ini ada beberapa SARAN terkait beauty talk 1 kita ini please don't skip~~~~

1. Cintai Produk Lokal buatan Indonesia
Kalian pernah mikirin ini gak ? dari pada kita beli produk kekinian kayak para beauty blogger tapi PALSU karena yang ORI costnya tinggi, mending kalian beralih ke produk lokal yang gak kalah oke. Serius produk lokal sekarang lebih beragam dan kualitasnya dijamin gak kalah sama produk luar. Brand - brand dalam negeri seperti Wardah, LT Pro, Sariayu, Mustika Ratu, Inez, La Tulip, Make Over, dll bener - bener bagus sekarang ini, eyeshadow palettenya super pigmented, bedak dan foundationnya juga oke punya, dan lipsticknya apalagi semua udah ada, mau yang matte, lipgloss, lip balm, lip cream, dll belum produk lain seperti countour palette, highlight palette, moisturizer, serum, bb cream, dll dengan harga yang affordable banget. Kaya aku suka pake matte lipstick wardah no 16, udah beberapa kali repurchase, dan itu murah banget mpookkk cuma 28.500, aman, halal lagi hehe (Masa lipstick aja yang udah HALAL aku kapan di HALALinnya bang) LOL abaikan diriku yang ga jelas ini hehe

2. Hati - hati Produk Lokal PALSU 
WHATTTTTTTT ????? Produk lokal juga ada yang dipalsuin ? Banyak sis, ada produk bedak, detox lipstick dari POND's padahal brand POND's tidak pernah memproduksi bedak dan lipstick, it means yang beredar adalah palsu, masih banyak brand lainnya coba search di google soal make up lokal yang palsu. Dan baru - baru ini baca di female daily  kalo viva toner dan handbody citra juga ada yang dipalsuin, nah oknum yang malsuin viva dan citra ini bisa produksi karena ada bahan dan "tempat", iya mereka beli dipemulung tempat bekas viva dan citra yang masih utuh. Waduh ada - ada aja ya mpookkkk, akhir jaman, akhir jaman, secara viva toner kan cuma 4 ribu rupiah saja ini masih aja ada yang malsuin, miris...
Jadi sarannya buat mpoookk mpoook dirumah kalo mau buang botol bekas pembersih muka, bekas handbody, bekas shampoo, sabun, parfum, dll, please DIRUSAK DULU, dipecahin dulu, diremes, di copot tutupnya, pokonya kita harus kaya orang kalap kesurupan kalau mau buang botol botol produk biar gak ada lagi pemalsuan kaya gini okeeee :')

Dannnnn, inti dari semua obrolan diatas kita tadi semata - mata hanya untuk berbagi informasi kepada mpookkk mpook adek adek mbak mbak semua agar selalu hati - hati dalam membeli sesuatu apalagi kalau online, dan disini aku bukan bermaksud untuk menggurui atau sok sok an ORI dan sebagainya, kalo baju atau tas yang KW/Palsu sih gak berpengaruh apa apa ke inside tubuh kita ya, cuma berpengaruh ke gengsi kita aja, tapi kalau make up yang KW/Palsu ? Make up kan kita pake di kulit kita, di muka kita, di bibir kita, masa kita membiarkan kulit kita menjadi murahan karena dipakaikan brand brand palsu yang tidak jelas asal usulnya dan bahan pembuatannya. Inget sehat itu mahal sisssss. Kita gak tau dampak yang akan terjadi setelah pemakaian terus menerus kan ? Paling ringan iritasi, tapi kalau sampai kena yang paling berat seperti kanker kulit ? Naudzubillah mindzalik :') 
 Yuk ingetin adek, kakak, pacar, istri, ibu, mertuanya soal bahaya kosmetik palsu, jadi kita bisa aware dan gak akan khilaf mencoba - coba walaupun sudah tahu :) :)

Regards with love, uwi <3 

Reverensi : 
http://m.tempo.co/read/news/2014/12/19/060629716/bpom-rilis-10-kosmetik-berbahaya-apa-saja
http://www.kaskus.co.id/thread/50df07672675b4042100001c/waspadai-produk-kecantikan-kw---palsu-berikut-ini/
http://indahherliyana.blogspot.co.id/2015/11/beauty-review-hati-hati-dan-waspada.html
http://www.stellalee.net/2010/03/make-up-palsu-di-indonesia.html 
https://alleyhardhiani.wordpress.com/2015/04/13/makeup-mac-palsu/
http://www.belanjaalkes.com/blog/2015/05/swollen-eyes-flushed-due-to-make-up-fake
http://www.fashiontimes.com/articles/21887/20150623/the-dangers-of-fake-makeup-brands-counterfeit-cosmetics-online.html
http://temporaryerror404.blogspot.co.id/2015/08/cara-membedakan-nyx-soft-matte-lip.html

17 komentar:

  1. iya aneh sih kalau ada yang bilang KW SUPER, tapi kan tetap aja itu palsu -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, soalnya harganya kelewat jauh dan kita gak tau bahan yang dipake untuk buatnya dari apa, palsu tetep palsu kalau masih nebeng nama brand terkenal, makasi udah mampir ^^

      Hapus
  2. Aku suka sedih kalau ada temenku yang bilang kalau Pond's keluarin kosmetik, padahal cuma beauty care aja kan gaada tuh maskara, pensil alis dll :')
    BTW ada banyak kok lokal brand yang harganya di bawah 20rb DAN udah bersertifikat BPOM kayak Justmiss dan QL Cosmetics :3 Mukka juga. Ah banyak kok XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah trus kita kadang kalo mau bilangin temen suka gak enak gimana gitu kan, disangka sok atau apa hehe, tapi dibilangin pelan pelan sambil ngobrol santai itu harus sih biar mereka tambah gak keluar jalur kalo beli apa apa :')
      Iya aku juga suka pake lipstick just miss yang kaya pencil gitu, makasi uda mampir ^^

      Hapus
  3. apa lebih bagus beli nya di situs online resmi, misal nya aku sgt tertarik dengan la girl, tp udah bbrp bln ini masih maju mundur belinya, masih mikir beli nya di situs resmi atau tokopedia,lazada,dll gitu..? gmn ya bagus nya,,kasih saran yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situs Resmi dari brand productnya say ? Iya, lebih terjamin sih beli disitus resminya.
      Tapi sebenernya beli di lazada atau e-commerce sejenisnya juga gak salah, tinggal kita teliti dan kepo baca review dan rating dari si "product" biasanya kalau emang palsu bakal banyak comment negative-nya, however situs resmi lebih terjamin aku lebih recommended situs resmi itu.

      *ps : aku punya recommended online shop yang terpercaya say, udah sering repurchase disana, if you wanna go there, here the links beautyhaulindo.com (all product is exactly original)

      Thankyou udah berkunjung ^^

      Hapus
  4. iya, kdg jg di situs resmi agak mahal..he
    oke...makasih udah ngasih link nya,,ntar di coba cek kesana..

    BalasHapus
  5. Ka, biasanya beli L.A girl yg ori dimana? Ku inginnnn.
    Btw ini keren bermanfaat bgt!

    BalasHapus
  6. hampir aku mau beli lipstik lusinan sebenernya aku tau sih kalau itu produk hmmmmmm *ya begitulah tapi kok banyak yg beli itu looh yg bikin ane penasaran bilangnya ori singapura . . cuma penasaran beli yg selusin 100rb lipstik the balm 😂😂
    sumpah penasaran nyicip bentar . kok bisa di olshop iti testinya buanyaaaak banget . .bah keseeel . . .
    tapi kalau buat bedak foundation eyeshadow lipstik sehari² masih netep brand lokal . yah klaau lipstik kbanyakan brand shopie paris 😂😂ketauan deh murahnya . .
    tapi klau buat dempol kelamaan buat muka eman² tapi ya kembali kediri sendirilah sebenarnya aku, kamu, kita tau kok yg dipakek artis2 itu mahal2 kalau murah bisa ditanyakan *kw hihi

    BalasHapus
  7. Nemu La girl kw grade A mirip bgt sama ori ny kak https://shopee.co.id/bosskosmetikmedan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn nge_bedain nya sm la girl ori?
      Hh jd was2 😒

      Hapus
  8. Aku ada naked2, tp disitu lengkap, ada alamat pembuatapedi USA ada yg pabrik cina, bli dionline Lzd.. Disitu promosi brand

    BalasHapus
  9. Iya.. Sempet Kepo sama produk Kiss Beauty.. Tapi gak jelas juga produsennya.. Secara kalau di kampung2.. Tukang2 Rias pengantin pakenya produk Kiss Beauty semua.. Antara Syerem sama Kasihan..

    BalasHapus
  10. Bener gk sih kak .. kalo lipcream wardah itu ada yang palsu??
    Katanya kalo yang palsu itu tgl kadaluarsanya gk timbul ..
    Tolong dong .. bener gk ??

    BalasHapus
  11. Harus teliti lgi ni dalam pilih pilih kosmetik.cintàilah produk dalam negeri sendiri teman teman semuanya.

    BalasHapus
  12. Top Casino Sites in Nigeria - ChoGraCasino.com
    ChoGraCasino.com is the top Nigerian online 샌즈카지노 casino site that you can trust. choegocasino We review the top Nigerian online casino sites and learn 인카지노 more about

    BalasHapus

Ditunggu Komen Komenannya :)