Senin, 09 September 2013

Mereka menyebutnya SADARI (cewek wajib baca!)

Caution : Read this until the very last words! :p

Habis dari kamar mandi, yang diinfus tangan yang buat cebok.
Heloloha shakalaka boom ;;)
Semua sehat ? Alhamdulillah uhuk kantong kering uhuk... yah gue mengertilah, kita sebagai makhluk perantauan pasti kebutuhannya melibihi bajet yang ada yoi kan, apalagi buat bayar – bayar tugas sama praktikum ituh tuh~ terkuras semua uang bulanan (TTuTT)/

ngomong ngomong makhluk perantauan yang jauh dari orang tua :’) kita harus pinter-pinter jaga kesehatan , ini serius loh mbak mas broo~ Soalnya kalo kita sakit siapa nanti yang ngerawat kita hayooo ? selain diri kita sendiri siapa lagi ? yeee kaannnn.....

Sakit itu gak enak! Tapi sifat manusia ituh mesti gitu, dikasi sehat sama Allah pengennya sakit nanti giliran sakit pengennya sehat seperti biasa. Tidak pernah bersyukur. Makanya, jangan mau deh sakit, ayok ramai ramai teriakan “iyuuwwwhhhh~” pada penyakit...

Yah, gue nulis gitu soalnya gue udah sempat ngerasain yang namanya meja operasi dan sakitnya disuntik sana – sini :”) ini cius... yah, awalnya sih gue gak tau sama sekali, tapi pas akhir semester satu penyakit gue ini baru ketauan. Gue seneng banget bisa pulang kerumah pas libur semester satu itu, planning gue mulai dari hal sepele sampai hal yang harus banget gue lakuin udah gue catet. But you know what ? gak sengaja gue menemukan, gue menemukan sebuah benjolan di bawah lengan, tepatnya di dada gue sebelah kanan. Otomatis gue panik dong ya, gak bisa disangkal. Gue lapor kenyokap gue apa yang gue temuin. Nyokap gue dengan santai bilang “itu normal kali ka, anak perempuan umur sekamu kan lagi gencar gencarnya pertumbuhan...” okeh, gue tarik napas *bunyi kentut* jangan salah paham, bukan gue yang kentut loh, tapi nyokap (._.)v

Antara yakin dan enggak gue sendiri galau. Jikalau ini emang sesuatu yang dibilang nyokap gue itu, kenapa benjolannya itu bisa bergerak dan keras ? #speechless gak pake basa basi gue langsung browsing dan mencari tentang kanker payudara. Begitu baca banyak artikel yang membahas tentang penyakit mematikan kedua yang dialami perempuan itu, gue merinding sana sini, perasaan campur aduk mulai dari ngeri, takut, prihatin, dan dibumbui sedikit rasa tidak percaya. Gue cobak memberi sugesti positif dalam pikiran gue, kalo gue gak kenapa – kenapa dan yang dibilang nyokap gue itu pasti bener.

Walaupun sugesti positif terus gue rasukin kepikiran gue, tapi tetep aja ada yang ngeganjel. Akhirnya gue lebih ngebrows ke arah tumor payudara. Beberapa artikel nyebutin kalo tumor payudara ada dua. Satu yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar, satu lagi daging tumor yang tumbuh dengan sendirinya itu. To the point, artikel itu membahas tentang FAM (Febrioadenoma Mammae).

FAM (Febrioadenoma Mammae) itu tumor payudara yang biasanya terjadi pada remaja atau wanita dibawah 20 tahun. Gak ada gejala pasti, tapi yang sangat terlihat adalah adanya benjolan dipayudara, yang memiliki garis tegas berbatas, dan apabila di pegang, benjolan tersebut dapat bergerak kesana kemari. FAM itu tumor jinak mbak broh, tapi gak menutup kemungkinan bisa menjadi tumor ganas kalo tidak ditangani. So, gimana bisa tumor dengan mudahnya menyerang wanita muda ? 1. Hormon, 2. Makanan kaya fast food, mengandung pengawet, endebre. Pokoknya Life Style lah ya. Makanya, ladies harus hati hati memilih apapun itu, makanan, pakaian, dll. Apalagi memilih pasangan hidup #eehhh #melenceng~

Singkat cerita besoknya gue lapor kebokap. Berbeda dengan nyokap, Bokap langsung nyuruh gue check up kedokter. Gue manut. Gue berobat kedokter penyakit dalam. Bener aja dugaan gue, itu FAM. Udah gak kaget sih, soalnya gue udah pahamin bener itu. Ya, tapi ngebayangin gue dibelek pake pisau gitu. Oh My lemes gue dong :')

Besoknya gue ngejalanin USG pada payudara gue, gue juga RONTGEN, gue cek darah, setelah semua hasilnya keluar, besoknya gue nemuin dokter bedah. Dokter itu ngasi gue wejangan wejangan super, ngasih gue motivasi, kalo FAM itu gak apa apa, biasanya sekali angkat akan hilang, dan gak berpengaruh buat anak gue kelak. Gue terharu, gue juga percaya semua yang dikatakan dokter benar. Optimis broh :')

Besoknya gue dateng lagi keRS. Dokter nyuruh gue ngejalanin puasa sebelum operasi. Sekitar jam 4 sore, gue masuk UGD, gue mulai dinfus dan sebagainya. Gue didorong pake kursi roda menuju ruang operasi. Kalo lo pada mau tau perasaan gue gimana, gimana ya, kaya mau lari ajah gitu rasanya, apalagi kalo larinya ama pasangan, semangat! #abaikan

Gue disuruh ama susternya ganti baju operasi yang ijo ijo itu. Gak usah mikir aneh aneh deh, gue pake kancut kok, woles. Gue mulai naikin tempat tidurnya, btw lantai ruang operasi dingin banget. Mbak mbak suster minta gue tidur terlentang. Gue manut. Payudara gue yang ada benjolannya digambar pake spidol. Gue sih requestnya gambar love, tapi pas gue liat gambarnya kaya iler tumpah. Trus, dada gue, leher, perut, ditempelin yang bulet bulet gitu, gue gak tau namanya apa, yang pasti itu kabel yang terhubung kesuatu alat. Trus, jempol gue dipasangin alat deteksi jantung, yang bentuknya kaya jepitan jemuran. Dokter bedah dateng, semua alat - alat macem gunting, pisau, endebre, endebre mulai muter muter dipikiran gue. Semua serba ijo, semua silau, apalagi dokter bedahnya, botak. Lampu operasi mulai dinyalain, gue mulai keringetan tapi dingin, tiba - tiba dokter botak senyum ama gue trus gue disuntik obat bius kalii ya. Semua mulai ngeblur, lampu operasi, mbak mbak suster, gak keliatan, gelap, gue juga gak sadar. Gue mulai dibelek.
Gue pas sadar, langsung dicekrek bokap. Jelek banget yak. Iyak.
Sadar - sadar, gue udah diruang perawatan. Gue sadar sekitar jam 9 malem. Katanya operasinya 2 jam. Pas sadar nyokap nangis. Gue antara masih lemes dan gak tega liat nyokap nangis. Bokap ngajak gue ngobrol, gue masih setengah sadar jawab ngalor ngidul, terakhir bokap nanya, 5+5 berapa kak? Gue ngambek ama bokap gue, disangka TK gue gak lulus :') Bokap ketawa ngeliat gue ngambek trus gue protes tapi suara gue masih pelan banget. "Kalo nanya tuh harga bata berapa pa, jangan 5 + 5 emang anak TK..." Okeh gue emang bukan anak TK tapi gue anak TS --> anak Teknik Sipil sejati HAHA

Gue dirawat selama 4 hari dirumah sakit. Tiap 2 jam mas mas perawatnya nyuntik gue lewat infusan, dan itu rasanya errggggg sakit banget! Udah makanan hambar, errrr. Trus gue gak bisa bergerak banyak, masih kerasa sakit. Berdiri sebentar aja gue pusing banget brohhhh...sakit ituhhhh ga enak :(((

Yup, akhirnya temen - temen gue semua nengokin gue. Mereka gak percaya pas gue bilang gue operasi tumor. Mereka ngira gue becandaan, gue emang suka becanda sih, tapi ini -____- trus sinyal di rumah sakit tuh yaaaaa.... rasanya pengen banget gue pindahin itu tower kekamar. Biar bbm an gak pending gitu, bagaimanapun saat itu gue lagi LDR an ama cowok gue di Malang :')

Jadi ladies, hati - hati yah, tumor ini bukan datang dari keturunan aja kok. Banyak faktor, makanan, minuman, hormon, dll. Apalagi kota udah kaya sekarang ini, padat kendaraan, makanan juga macem - macem.

Simak dimari ladiessss FAQ nya ;))

Q : Fur, gue takut ada benjolan nih, gimana cara meriksanya ?
A : SADARI guys, atau kependekan dari Periksa Payudara Sendiri, bisa saat mandi, elo angkat salah satu tangan keatas, misal tangan kiri, trus tangan yang kanan raba dengan cara muterin payudara lo sendiri searah jarum jam, begitu sebaliknya, dua - duanya. Bisa juga secara terlentang, sambil tiduran dikamar, iseng - iseng periksa. Searah jarum jam guys ;)

Q : Kalo gue nemu benjolan fur, gue harus apa ? OH MY GOD!?
A : Duh, pelis, yang elo lakuin pertama adalah elo jangan panik guys. Periksa bener bener, dengan seksama, dan teliti. Itu benjolan apa, kalo FAM itu biasanya kaya bakso atau kelereng, bahkan ada yang sebesar telur. Ciri - cirinya : Kalo dipegang agak lunak tapi keras, benjolan bisa pindah pindah kalo digerakkin, ada batas tegas, maksudnya benjolan kaya bukan bagian dari payudara. Kalo emang semua ciri - ciri elo rasa sama, segera periksa kedokter spesialis langsung.

Q : FAM itu bahaya gak sih fur ?
A : Semua penyakit juga bahaya guys kalo gak ditanganin. Makanya kalo udah ketauan ada yang gak beres dengan badan lo, segera deh periksain kedokter. Jangan takut, sehat itu emang mahal.

Q : Bedanya Tumor sama Kanker apa fur ?
A : Dari yang gue tau sih Tumor itu cikal bakalnya Kanker. Jadi, kalo tumor itu gak segera diobati lama kelamaan bisa jadi kanker. Contohnya tumor dipayudara. Waktu gue dikasih liat sama dokternya, tumor gue yang udah diangkat itu warnanya putih tulang, masih kategori jinak. Sedangkan kata dokternya, kalo udah jadi tumor ganas dan mengarah ke kanker itu warnanya bisa hijau atau ungu kemerahan. Selengkapnya lo bisa browsing diwebsite website kedokteran resmi atau artikel artikel lengkap tentang itu :)

Q : Ngeri ya fur, wanita emang rentan, gue takut :'(
A : Jangan takut, justru penyakit itu bisa dilawan kalo kitanya bersikap optimis, pantang nyerah dan selalu berdoa tentunya. Makanya guys sekali lagi gue ingetin, jaga diri kita!!! Pokoknya kita sebagai perempuan itu harus pinter pinter deh. Selain makanan, menjaga kebersihan juga amat penting. Kalian tahu kan, bukan hanya Kanker Payudara yang mengancam kita, tapi Kanker Serviks juga. Makanya bener bener semua harus dijaga ya ;)))

Udah pada tau kan pengalaman gue. Gue cuma mau ngeshare ini, biar kita para wanita lebih berhati - hati. Buat para laki - laki juga, harus lebih mengerti wanita ya ;))
Walaupun kita makhluk yang rentan terkena begituan, tapi kita gak lemah! Jiwa kita kuat, kasih sayang, kelembutan, cinta, yah... dan perjuangan, bagaimanapun kita adalah calon ibu anak kita kelak :') 

19 komentar:

  1. njir gue bacanya ga bisa ngebayangin -_-
    eang bener husus cewek nih ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah dibayangin, cukup ingetin orang orang terdekat supaya lebih hati hati trus rajin rajin ngelakuin SADARI :)

      Hapus
  2. Iya kak, aku juga sering raba2 sendiri *jangan ngeres* soalnya bibiku pernah kena kanker payudara. sampe salah satu payudaranya diangkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan aku yang ngeres, bukan aku!!! #aaaakkkk haha
      Sampek udah diangkat ? wah itu mah emang udah parah dek :' semoga bibi kamu diberi kesehatan lebih lebih sama Allah ya, Aamiin :)
      Eh btw aku udah follow blogmu :D follback dek hehe

      Hapus
    2. Iya alhamdulillah beliau udah baik, ya walupun masih sering bulak-bakik untuk check up.
      Okeh langsung aku follow :D

      Hapus
  3. Pelajaran yang berharga ya. Semoga cepat sembuh ya ^^
    Terima kasih juga udah share ceritanya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi juga udah sempetin baca ;))
      Aku jg udah ngunjungin blogmu, udah aku join juga :D

      Hapus
    2. Oke, kita sudah berteman di blog ^^

      Hapus
  4. Nice post!
    Sebenernya ga salah kok kalo cowo yg baca...tau aja kan bisa disebarin ke pacar, istri atopun calon istri :p

    keep writing yah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget tuh mbak :')
      makasi mbak semoga bermanfaat ya ;))

      Hapus
  5. terharu bcanya :') uhuk uhukk huwweee :D
    keep writing kaka :v kaka macena tercintong :*

    BalasHapus
  6. wah... *speechless bacanya..
    btw thanks infonyaa :D

    BalasHapus
  7. waah ngeri banget ya,,informasi yang bermanfaat nih :)

    BalasHapus
  8. Kak tu cerita sama banget kayak yang gue alami tapi gue belum nyampek meja operasi😸gue boleh nanya gak mbak gimana cara kencingnya kalo di infus jawab ya kak

    BalasHapus

Ditunggu Komen Komenannya :)