Jumat, 29 Maret 2013

Seorang Mahasiswa

Ehem...Ehem....Check sound satu...test...test dua.... okeh ehem...ehem....
*benerin kemeja* *rapihin rambut* *bedakan dikit* *tambah lipstik*
Okeh...kira kira satu...dua...lima...sekitar tujuh bulan lah gue gak pernah ngepost lagi yah temen temen :") maaf yah uwilnya lagi syibuk kemarin~
Ehem...ehem... untuk mempertahankan kekompakan, ayooohhhhh~ yang disana mana tangannyahhhh~ yang disana mana kakinyahhhh~~ Tarik manggghhhhh~~~~~
Uhuk uhuk okeh itu cuma sekedar salam dan intermezo untuk membuka blog yang sudah usang ini :') Dan kali ini gue harus rajin - rajin kasih vitamin biar blog gue tetep awet muda :'D

Bicara soal syibuk~ gue udah bener - bener ngerasain stressnya seorang mahasiswa mahasiswi. Yah, karena gue sendiri seorang mahasiswi, yang memiliki paras biasa saja, suara yang biasa saja, serta otak yang biasa saja *uhuk tapi insya allah berkesan uhuk* ehem... *benerin muka* begitulah mahasiswa, cuek bebek, badai, hujan menggelora~ pergi ngampus dengan niat yang masih tertinggal ditempat tidur. Sebulan, dua bulan masuk kuliah itu ... adalah hari terindah dan gue serius.

Q : Why wil ? Kenapa lo bilang hari pertama masuk itu indah ?
A : Kenapa ya ? Sek sek tak pikir sek...... *mikir cantik*
Q : *hening~*
A : *kibas rambut* karena kita bisa ngeceng sepuas kita beibph ~

Okeh mari gue jelaskan, bulan kedua dan pertama ngampus itu kita bisa ngeceng sepuas kita tanpa harus mikirin tugas berat, kenalan dengan orang orang baru yang kece, jalan sana sini, pokonya wuokeh lah ya, paling paling dosen masuk cuma intermezo dan nyuruh kita tanda tangan, selebihnya waktu bebas maba buat kece kece an dikampus #amboooiiiii B)
Yah, buat gue itu adalah hal manusiawi secara kita manusia kan yah, masa iya hewani #uppssss *tutup mulut imut*
Tapi kawan blogger sekalian you know what ? pepatah pepatah itu berkata benar, mereka benar, mereka BENAR!!!!! ehem ehem... yup, mereka benar, kebebasan itu hanya sementara~ semua ini hanya sementara~ sebelum negara api menyerang~ (T.T)/
Tugas men, Tugas broooo~ TUGAS!!!!! Dua bulan setengah memasuki dunia perkuliahan tugas mulai bermunculan~ swaaahhhhh woaahhhh~ membakar hati dan pikiran kita~ yeaahhhhhh~
Seperti yang dialami oleh gue pelisssss mama (TTTT_____TTTT)
uhuk...uhuk... tapi justru inilah kawan yang membentuk mental kita sebagai mahasiswa yang kelak berguna bagi nusa dan bangsa #amboooiiiii B)
and that's facts, we are student, we are learning, we will be something!!! so, this is life, enjoy it, and live on it!!!
Yup, pada kenyataannya sesibuk apapun kita sesusah apapun tugas itu, ada cara cara bagaimana seorang mahasiswa menikmati apa yang dijalaninya, HIDUP MAHASISWA!!!! Yeahhhhhh~
Mungkin ini melenceng tapi menurut gue mahasiswa itu gak mesti ANARKIS dan juga terlalu AKADEMIS, tapi yang punya SOFT SKILLS dan KEMAMPUAN YANG DINAMIS DAN PRAKTIS yeaahhhhhh~
Kita mahasiswa man~ kita mahasiswi brooo~
uhuk uhuk....
tadi cuma selipan bijak dari gue, balik lagi ke tugas. Tugas gue sebagai mahasiswi adalah mengerjakan tugas dan kuliah dengan niat yang sungguh - sungguh demi negeri yang butuh perhatian yang sungguh - sungguh dari kita ini. Oleh karena itu sibuk kita adalah sibuk bermanfaat, yeeaaaahhhhhhh~
So, ini cuma curhatan gue sih, yang mungkin menggugah hati hati agan igin buat tetep rajin ngerjain tugas dan bangga jadi mahasiswa mahasiswi indonesia pertiwi kita ini :"""))))))) selebihnya terserah mau dianggap apa inih tulisan. Masihhhhhh lanjut ????? Tarikkkkk mangghhhhh~~~~
Yaaaaaaaaa, seperti dilansir dalam Al Qur'an surat Ar-Ra'd ayat 11
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”
Sama seperti kita mahasiswa, gimana mau menjadi agen perubahan dalam masyarakat kalau dalam diri kitanya sendiri aja belum berubah kearah yang lebih baik yeeee gaakkk ?
Q : Contohnya - contohnya ngerubah diri sendiri itu gimana sih qaqa ?
A : Gimana yah~~~ ahhhhh~ ya gitu deehhhhh~

Hehe kagak kagak, gue ga mungkin jawab eceng ecengan begitu. Ngerubah diri sendiri menurut gue itu bukan menjadi sok sok paling dewasa diantara siswa, bukan juga menjadi sok sok orang yang paling bisa bicara tapi nyatanya tong kosong, tapi merubah diri sendiri itu bagi gue ngerubah arah pikiran, perhatian, mental dan pemilihan kehidupan. Mungkin ada yang sepakat dengan gue, mungkin banyak juga yang kagak. That's finee broooo, it just my opinion, semua mahasiswa berhak berpendapat apa yang ada dipikirannya, hanya satu... pikirlah sebelum berbicara jangan berbicara dulu baru berpikir kalo yang tadi kalian ungkapkan mengandung unsur tabu dan tidak layak untuk diperbincangkan........ setajam zilattt *melet melet*  #abaikan

Gue akan bahas one by one, setujuhhhh yang disana~~~ ? disini setujuhhhh~~~ ? Tarikk mangghhhhh~~~~
>> Ngerubah Pola Pikir
Ngerubah pikiran kita? maksudnya gimandos dos ya qaqa ?Ya gitu deh~ Ngerubah pikiran maksud gue disini ituh, bukan gini loh ya "kata si uwil ngerubah pikiran, yodah gue berubah pikiran deh ga jadi ngerjain tugas, toh nanti tinggal copas temen edit dikit kelar deh haha" sssstttttttttttttt, aduh aduh pelis deh mas mbak man broooo yang selalu menggelora~ ya gak gitu juga kaleeeee.... jangan ditiru ya adek adek manis ;;))
Ngerubah pikiran dalam artian ngerubah prospek dan penglihatan kita terhadap yang namanya jadi mahasiswa, lebih gampangnya gini, yang tadinya males malesan dan jadi seenggok daging yang terdampar dikost-an, mending nyicil ngerjain tugas jadi pas deadline gak kelepekan gara gara tugas numpuk, dari pada ngabisin uang buat beli rokok atau minum minuman, mending tuh duit ditabung buat modal atau investasi usaha kelak, dari pada ngelakuin hal hal yang gak berguna, mending kuliah yang rajin, belajar yang rajin biar lulus cepet yeee kaannnnn ? ga usah mikir macem macem, elu kuliah dulu aje deh yang bener, soft skill itu ada dan terbentuk ya dari proses kita mendalami ilmu yang diperkuliahaan itu, pecamkan itu mbak brooo :p kan katanya mahasiswa itu kritis kan ? makanya ga usah macem macem ini itu, kasian loh orang tua yang udah banting tulang hanya untuk agar anaknya bisa ngelanjutin sekolah. Yang penting lulus cepet deh man, semakin lulus cepat, semakin kita punya waktu buat ngerauk pengalaman pengalaman yang sesuai dengan apa yang kita dalami diusia yang masih belia buat bahagian orang tua yang udah susah :'D
Nyambung kan yang gue bilang ? sssttttt yaiyalah uwil B)

>>Ngerubah perhatian
Perhatian maksud gue disini bukan ngerubah perhatian dari pacar satu ke pacar lainnya biar adil ya. Enak aje selingkuh - selingkuh, gue gak mau dimadu pokoknya bang!!!! #halah
Perhatian itukan bisa kita sebut sebagai fokus ya, okeh anggaplah fokus. Intinya masih sama, sama ngerubah pola pikir, yang tadinya fokus kita kebanyakan itu gimana caranya bersenang - senang selama menjadi mahasiswa kita rubah semua jadi, gimana caranya menjadi mahasiswa yang bahagia lahir batin dunia akhirat dengan menyelesaikan tugas tepat waktu *tetot* perlu gue beritahu bersenang - senang dengan bahagia mungkin dalam bahasa indonesia itu sama, idom. Tapi bagi mahasiswa keduanya memiliki arti yang berbeda, yaahhhhh you know lah....
makanya, selain fokus ke apa yang kita jalani, kita juga harus peka sama keadaan negeri yang kita tapaki ini, tanamkan dalam hati 'suatu saat gue yang akan membawa perubahan pada negeri ini' tapi tentunya setelah elu kuliah dan garap ilmu yang bener diladang lo. Okeh bro B) perhatian dengan apa yang kita jalani dan dengan apa yang ada disekitar kita untuk bahan pembelajaran kedepannya, sipppp~

>>Okeh kita masuk ke mental
Sebelumnya mari bahas kata 'mental' dibaca pake abjad 'e' biasa ya, mental bukan dibaca 'eu' nanti kalo dibaca 'eu' jadinya meuntal, contohnya, ih bolanya mental (meuntal.red) kalo gitu kan artinya jadi beda tegak lurus tidak sama kan yaaaa ??? iyuwh~
Mental mahasiswa itu apa sih ? mental demo anarkis ? mental mogok kuliah ? mental ngelawan dosen ? Itu gak banget mbak brooo~
Mental disini adalah ngerubah apa yang tadinya siswa kita bumbui dengan kata kata 'maha'. So ? dalam artian kita harus siap nerima tugas, apapun itu sesuai dengan apa yang kita jalani, kita harus siap menjadi pemimpin karena kita sudah dipimpin (ps khusus cowok: siap jadi pemimpin keluarga sakinnah, mawadah, warohmah #ehhh) , siap mengambil keputusan tanpa tergesa - gesa, siap menyelesaikan masalah dengan cara yang logis dan tidak merugikan banyak pihak, siap menjadi penerus bangsa, siap dalam segala hal. Siaaappppppp gerakkkkkk!
Mental seorang mahasiswa yang berani menghadapi apa yang ada didepannya, karena perjuangan sesungguhnya bukan berada dikampus itu! tapi perjuangan sesungguhnya ada didalam diri kita sendiri bagaimana cara kita menghadapi hal hal yang lebih menyakitkan setelah menjadi mahasiswa. Menjadi mahasiswa hanya 25 dari 100 persen kehidupan yang kita jalani. Hey man, keep forward!!! Look at there the future is yours!!! Reach it and spread it to the world!!!

>> And the very last chapter itu pemilihan kehidupan
Semua yang udah gue lansir diatas semua saling terikat mbak brooo~ semua memiliki tujuan yang sama~ begitu juga poin yang gue tulis terakhir ini, Pemilihan Kehidupan.
Apa sih apa sih ? Semua orang tau cara memilih mana yang baik dan mana yang buruk buat dirinya. tapi kebanyakan apa yang mereka anggap baik belum tentu dianggap baik juga oleh sekitarnya. Yeah, thats life, itu manusiawi banget, perbedaan pendapat dimana - mana itu pasti. Hanya....hanya loh ya...hanya bagaimana kita menyikapinya. Hidup ini penuh pilihan man brooo~ begok aja orang yang bilang 'udah gak ada pilihan lain nih' bukannya gak ada pilihan, tapi kitanya aja yang gak peka, usaha usaha!!! berpikir kearah yang lebih baik~
Tapi kembali lagi kediri lo masing masing, elo mau pilih yang mana. Situasi dimana pilihan terdesak sekalipun, jangan anggap remeh, siapa tahu justru pilihan itu yang bakal bawa lo kejalan dengan arah yang lebih baik. Begitupun dengan pilihan kita sebagai mahasiswa, jangan hanya dijadikan status man~ tapi jalani, menjadi seorang mahasiswa itu harus dijalani buat jadi batu loncatan kedepannya, pan begituhhhh~
Gue nih gue kan perempuan ya,  banyak perempuan biasanya mikir "ah dari pada capek capek kuliah, belajar lagi ini itu, mending nikah, toh yang kuliah itu juga kalau udah nikah ujung ujngnya kedapur.."
Hellooo mbak brooo~ itu tuh udah kuno, pelis deh, di hadist juga ada "Tuntutlah ilmu dari buaian sampai keliang lahat." Gue tau ilmu disini bukan hanya menjadi akademisi, tapi ilmu bisa didapet dari banyak hal, tapi yaaa menurut gue menuntut ilmu itu selain menambah pahala, juga membawa perasaan tersendiri.
Tapi ya seorang akademisi yang menjadi seorang ibu itu kece mampus loh! Gak berarti dia harus eksis dikarirnya terus gak peduli anaknya, gak berarti juga dia harus terus terusan didapur, tapi dia punya prospek kehidupan dan pemikiran logis serta dinamis kedepannya. Selain itu juga agar tidak ada diskriminasi wanita nowadays, karena wanita juga bisa. Because, women are strong, more than you think. Btw, kok jadi pro wanita ginih yah, mungkin karena gue wanita *kibas kibas rambut*


So guys, mungkin yang gue tulis di atas rada melenceng makin kebawah kok makin serius ? Gue suka gitu juga soalnya.. kayak pacar gue, kalo bercanda suka serius #eehhh (ciyeeee @ariesdp_17 kata kata 'guyon suka seriusnya' dipake nih hehe ._.)
Pesan gue itu aja sih, jadi mahasiswa yang sesuai pancasila. Lupa pancasila ? Situ Indonesia apa endonesa ? Wassalam. Salam orang manis menggelora~ hihiw ;;)))

4 komentar:

  1. awal baca rambut masih amboy indahnya, tengah-tengah rambut agak merangkak semrawutan, sampai akhir bacaan otak jadi blank -_-
    over all lo udah keren banget. *dari RadityaDika

    yak, silahkan om indro komentarnya :)

    BalasHapus
  2. Wkwk itu dalam rangka otak gue lagi waras plus kritis, soalnya biasanya mah kan ngeblank napah, rambut aja suka keriwil kalo lg mikir :'D
    Makasi bang radit *aaaaaaaaa :p
    Om indro....... *kedip kedip mata*

    BalasHapus
  3. Baru kuliah 1 hari tadi udah diberi tugas walaupun gak berat-berat kali sih hahaha. semoga semangat kuliah guwa seperti hari pertama masuk :D

    BalasHapus
  4. Izin bokmark yah, Belum sempet baca. soalnya panjang banget tulisannya... :)

    BalasHapus

Ditunggu Komen Komenannya :)